Melayani Dengan Sepenuh Hati Sidebar Button
Jl. Jend. A. Yani No.51, Krajan, Pacitan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511
rsud@pacitankab.go.id
(0357) 881410

Blog Details

Blog Details Image
July 30, 2024

RSUD dr. Darsono Gelar Sarasehan “Sadar Gizi untuk Buah Hati”

Dalam rangka memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pacitan dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan menyelenggarakan Sarasehan Darsono, bertajuk “Sadar Gizi untuk Buah Hati” hari ini, (30/07/2024).

Sebagai narasumber menghadirkan:

  1. Septa Mariana, M.Biomed., Sp.A (Dokter Spesialis Anak RSUD dr. Darsono), menyampaikan tentang Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak;
  2. Dhian Kristiani, AMG (Nutrisionis RSUD dr. Darsono) tentang Penatalaksanaan Gizi pada Malnutrisi Anak;
  3. Nita Wijayanti, S.Gz (Nutrisionis RSUD dr. Darsono) tentang Cek Status Gizi Anak dengan Aplikasi AGIZ Anak Pinter.

Berlangsung di Gedung Karya Dharma, sarasehan ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Pacitan Efi Suraningsih Indrata Nur Bayu Aji, Kepala Dinas Kesehatan dr. Daru Mustiko Aji, Direktur RSUD dr. Darsono dr. Iman Darmawan, M.Kes, dan Ketua Pokja 4 TP PKK Ratna Susi Rahayu.

Dalam sambutannya, Efi Indrata Nur Bayu Aji menyampaikan bahwa permasalahan di lapangan banyak ibu-ibu muda yang masih kurang aware dalam deteksi dini terkait gangguan pada tumbuh kembang anak. “Saya harap ilmu yang didapat dari sarasehan ini dapat bermanfaat dan dapat disebarkan ke wilayah masing-masing”, pesannya.

Diikuti sekitar 80 peserta yang terdiri dari perwakilan Ahli Gizi dari setiap Puskesmas dan RS Swasta se-Kabupaten Pacitan, Kader Posyandu Desa Se-Kecamatan Pacitan, dan Ketua Pokja IV Desa Se-Kecamatan Pacitan, acara ini juga sebagai sarana sosialisasi aplikasi AGIZ.

AGIZ Anak Pinter (Aplikasi Gizi Anak Inovatif dan Terpadu) merupakan salah satu inovasi terbaru dari RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan. Selain dapat menghitung kebutuhan gizi anak, aplikasi ini juga dapat memastikan status gizi anak, konsultasi gizi online dengan Ahli Gizi RSUD dr. Darsono, dan deteksi gizi menggunakan foto makanan untuk melihat kandungan gizi pada suatu makanan.

Ditemui di akhir acara, Direktur mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perhatian RSUD dr. Darsono terhadap masalah tumbuh kembang anak melalui deteksi dini dan penatalaksanaan gizi. “Inovasi AGIZ Anak Pintar dapat membantu dan memudahkan orangtua dalam memantau status gizi dan perkembangan buah hati”, pungkasnya.

Tag Here

Leave a comment