Mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat Kabupaten Pacitan, RSUD dr. Darsono terus berbenah dari waktu ke waktu. Salah satunya dengan dibentuknya Instalasi Humas sebagai instalasi baru dalam struktur organisasi RS, Selasa (22/08/2023).
Instalasi Humas muncul menjawab tuntutan kebutuhan dalam membangun dan menjaga citra rumah sakit dalam upaya memberikan kepuasan pelanggan. Peran Humas di RSUD dr. Darsono untuk menjalin hubungan yang sehat dan produktif antara RS dengan publik baik internal maupun eksternal RS.
Pengarahan dipimpin langsung oleh Direktur RSUD dr. Darsono, dr. Iman Darmawan di Ruang Rapat Direktur Lantai 2. “Ini merupakan salah satu pengembangan RS yang luar biasa, terbentuknya Instalasi Humas mohon difungsikan sebaik mungkin untuk menjembatani kebutuhan pelayanan masyarakat supaya tidak ada trouble,” harapnya.
Ia mencontohkan masih seringnya keluhan masuk seputar lamanya antrian dan proses rujukan, harapannya humas bisa jadi garda depan RS dalam membantu memonitor baik internal maupun eksternal rumah sakit, termasuk juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat terhadap prosedur dan inovasi layanan yang ada di rumah sakit sehingga fasilitas pelayanan yang dimiliki dapat digunakan secara optimal oleh masyarakat.
Dalam lingkup kerjanya, Instalasi Humas terdiri atas 2 unit kerja. Unit Humas dan Pemasaran yang bertanggungjawab atas terselenggaranya pelayanan kehumasan dan pemasaran, protokoler, dan pengelolaan pengaduan pelanggan. Satu lagi adalah Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) berperan dalam kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Kemitraan RS dan pengelolaan media dan publikasi rumah sakit.
Sebagai instalasi layanan baru, selamat bertugas, semoga amanah, Instalasi Humas bisa membawa perubahan dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas dan kelancaran pelayanan di RSUD dr. Darsono yang lebih baik sesuai harapan masyarakat Pacitan.