Vaksinasi untuk Anak Usia 12-18 Tahun di RSUD dr. Darsono Pacitan

0
66

Hari ini (25/09/2021) RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan menyelenggarakan kegiatan vaksinasi dosis pertama dengan 356 sasaran anak usia 12-18 tahun. Berlangsung di ruang poliklinik lantai satu dan dua, acara dimulai pukul 07.00. Peserta vaksin datang mendapatkan serangkaian kegiatan mulai dari tahap pendaftaran, skreening kesehatan, dan penyuntikan vaksin. Peserta vaksinasi anak juga diwajibkan membawa kartu keluarga atau dokumen lain yang mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak.

Sesuai dengan Surat Edaran Kemenkes 02.02/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 bagi Masyarakat Rentan serta Masyarakat Umum Lainnya dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Anak Usia 12-17 Tahun, vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak atau interval minimal 28 hari. Pelaksanaan vaksin dosis kedua direncanakan tanggal 23 Oktober 2021 mendatang.

Vaksinasi adalah suatu proses dalam tubuh guna membentuk antibodi terhadap suatu penyakit. Seseorang yang baru divaksin akan mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) yang beragam namun pada umumnya bersifat sementara dan ringan diantaranya: bagian tangan area penyuntikan vaksinasi biasanya akan mengalami nyeri, kemerahan, hingga pembengkakan. Hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit adalah dengan mengompres lokasi suntikan. Selain itu kadang diikuti dengan sakit kepala, nyeri otot, menggigil, mual, demam, hingga merasa kelelahan. Untuk mengatasinya, pemberian obat penurun demam seperti paracetamol dapat membantu mengurangi efek sampingnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here