Foto bersama RSUD dr. Darsono dan Surveior KARS pada Survey Simulasi Akreditasi

Tanggal 15-17 Desember 2015 lalu sudah dilaksanakan Simulasi Survey Akreditasi sebagai awal dari proses Akreditasi sebenarnya. Untuk mendapat sebuah akreditasi, setiap rumah sakit yang mendaftar akan disurvei oleh surveyor KARS. Survei akreditasi dilakukan oleh KARS sedangkan sertifikasi diberikan oleh Dirjen Pelayanan Medik Kementerian Kesehatan RI berdasarkan rekomendasi KARS. Rumah sakit tidak dapat memilih surveyor akreditasi untuk menjamin objektivitas penilaian.

Penilaian akreditasi meliputi bidang medik, keperawatan dan manajemen dengan standar yang berfokus pada pasien, manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien dan sasaran menuju Millenium Development Goals (MDGs), dengan cara telusur kelengkapan dokumen dan kesesuaian di lapangan, melaksanakan wawancara terhadap pimpinan RS secara tertutup dan melakukan penilaian kepada beberapa pegawai yang dipilih langsung oleh tim surveior. Tim surveyor survey simulasi akreditasi terdiri dari :

  1. dr. Sugeng Ristanto, MARS sebagai ketua tim yang akan melakukan telusur di bidang Manajemen
  2. dr. Wim J. Damapolii, Sp.B., Sp.U.,MM.,M.Kes., melakukan telusur di bidang Medik
  3. Aghata Cecilia Susanti, S.Kp.M.Kes., melakukan telusur di bidang Keperawatan

Dalam survey simulasi akreditasi ini, ketiga surveyor memberi penilaian, masukan dan saran untuk perbaikan baik dari segi kelengkapan dokumen maupun aplikasi di unit-unit pelaksana, sehingga RSUD dr. Darsono mengerti bagaimana gambaran akreditasi sebenarnya dan apa yang harus dilengkapi untuk menghadapi akreditasi sesungguhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WordPress spam blocked by CleanTalk.