RSUD dr. Darsono; Sukses Operasi Pasien Kasus Tumor Gondok

0
408

Perasaan lega nampak di wajah Ponirah (56) warga Desa Kasihan Kecamatan Tegalombo selesai dilakukannya operasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Darsono, Jumat kemarin (17/12). Ponirah adalah salah satu pasien yang dirawat di Ruang Melati B dengan kasus tumor gondok.

Penyakit gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid yang tidak normal. Tiroid merupakan kelenjar berbentuk seperti kupu-kupu terletak tepat di bawah jakun. Penyebabnya bisa karena kekurangan yodium, kelebihan maupun kekurangan hormon tiroid.

Ditemui di ruang operasi, Rabu (22/12), dr. Rakhman Wahyudi Mulyo, Sp.B, dokter spesialis bedah RSUD dr. Darsono menyampaikan bahwa kasus pasien Ponirah yang ia tangani masih dalam pemantauan dan tahap penyembuhan pasca operasi, diagnosis awal ke arah tumor jinak tetapi untuk tegaknya diagnosis, masih menunggu hasil pemeriksaan dari Laboratorium Patologi Anatomi.

Tak bisa dianggap sepele, rupanya RSUD dr. Darsono sudah menangani pasien dengan penyakit gondok sebanyak 23 kasus sepanjang tahun 2021. Ini menjadikan masyarakat perlu waspada jika mendapati gejala penyakit gondok seperti munculnya benjolan pada leher.

“Intinya kalau ada pembesaran di leher baik dengan ada keluhan atau tidak ada keluhan segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat, agar mendapat pemeriksaan mendalam, jika ingin langsung ke rumah sakit juga bisa, akan dilayani di Poli Bedah,” jelas dr. Rakhman.

Ia menambahkan, Gejala khasnya, biasanya jika benjolan masih kecil ukuran kurang dari 3 cm, jika menelan ikut bergerak, bisa jadi itu indikasi pembesaran kelenjar gondok. Dalam hal ini masyarakat tidak perlu resah, segera periksakan ke dokter untuk menentukan benjolan tersebut berbahaya atau tidak.

Kewaspadaan dini terhadap kesehatan lebih baik, sehingga masyarakat tahu apa yang harus dilakukan. RSUD dr. Darsono sebagai fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan di Kabupaten Pacitan siap memberikan pelayanan yang nyaman dan terpercaya mewujudkan masyarakat Pacitan yang sehat dan sejahtera. (RSUD Pacitan/DiskominfoPacitan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here