Kredensialing Tenaga Kesehatan Lain RS Medical Mandiri dengan Mitra Bestari RSUD dr. Darsono

0
85

Sebanyak 17 tenaga kesehatan (nakes) lain dari RS Medical Mandiri hadir di ruang pertemuan lantai tiga gedung manajemen RSUD dr. Darsono, Rabu (10/08). Terdiri dari berbagai profesi diantaranya bidan, perekam medis, radiografer, analis laboratorium, sanitarian, nutrisionis, dan fisioterapis mengikuti kegiatan Kredensialing Tenaga Kesehatan Lain RS Medical Mandiri dengan Mitra Bestari RSUD dr. Darsono.

Kredensial adalah suatu proses yang digunakan untuk melakukan verifikasi terhadap kualifikasi, pengalaman, profesionalisme yang berhubungan dengan kompetensi, performance, dan profesionalisme tenaga kesehatan dalam suatu profesi dalam menunjang pelayanan kesehatan yang berkualitas dengan mengutamakan aspek keselamatan pasien.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Pelayanan Penunjang, Dra. Asih Sitaresmi, Apt. mewakili Direktur RSUD dr. Darsono. “Saya mewakili direktur mengucapkan selamat datang kepada semua peserta dan selamat mengikuti rangkaian proses kredensialing nakes lain yang dipandu oleh Tim Kredensialing Nakes Lain kami, semoga sebagai mitra bestari menjadi sarana terjalinnya silaturahmi dan kerjasama yang baik antara RS Medical Mandiri dan RSUD dr. Darsono dalam menjamin mutu dan kompetensi nakes,” katanya.

Dalam sambutannya, dr. Warkim Sutarto, Direktur RS Medical Mandiri Pacitan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa menjadi mitra bersari dengan RSUD dr. Darsono, semoga dengan bersinergi, berkomunikasi, bersilaturahmi semoga target kesehatan masyarakat Kabupaten Pacitan tercapai bersama-sama.

Sebagai mitra bestari, dalam hal ini Tim kredensial nakes lain RSUD dr. Darsono melakukan pengkajian atau mengevaluasi kompetensi nakes lain dari RS Medical Mandiri untuk menentukan kelayakan kinerja, kualitas, dan tanggung jawab yang akan diberikan kewenangan klinis dan akan melakukan rekredensialing setiap 3 tahun.
Ada tiga tahap yang harus dilalui setiap peserta kredensialing, yaitu ujian tertulis, wawancara, dan ujian praktek. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok sesuai profesinya dengan asesor masing-masing. Kegiatan berlangsung kurang lebih empat jam dengan baik dan lancar.

“Semoga semua peserta nantinya bisa mendapat rekomendasi kompeten dan bisa melaksanakan tugas dengan baik,” harap Dra. Dyah Pratiwi Adi, Apt., Ketua Komite Nakes Lain RSUD dr. Darsono menutup acara ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here