Fokus Garap E-Resep dan E-RM

0
134

RSUD dr. Darsono: Peningkatan kembali kunjungan pasien pasca lonjakan Covid-19 tidak lantas membuat RSUD dr. Darsono berdiam diri. Melalui berbagai cara dan alternatif, RSUD dr. Darsono terus berbenah membangun dan memperbaiki segala kekurangan dalam rangka memberi pelayanan yang memuaskan pasien dan pengunjung rumah sakit.

Seperti pagi ini (21/02), dipimpin langsung oleh Direktur RSUD dr. Darsono, dr. Iman Darmawan, M.Kes, rapat khusus dilaksanakan bersama Tim Informasi Teknologi (IT RS) membahas aplikasi elektronik resep (E-Resep) untuk percepatan pelayanan farmasi dan elektronik rekam medis (E-RM) untuk percepatan proses rekam medis pasien.

Aplikasi E-Resep yang akan diterapkan oleh RSUD dr. Darsono memiliki beragam manfaat. Selain memudahkan pelayanan kepada pasien, E-Resep juga memudahkan para apoteker dalam membaca resep dan memberikan obat. Harapannya, pasien tidak antri terlalu lama menunggu obat.

Sementara E-RM adalah sarana digital yang memberikan manfaat kepada dokter dan petugas kesehatan dalam mengakses informasi pasien yang membantu dalam pengambilan keputusan klinis secara cepat. Rekam medis sebagai gudang penyimpanan informasi secara elektronik mengenai status kesehatan dan layanan kesehatan yang diperoleh pasien. Dokter langsung bisa melayani pasien dengan akses informasi dari komputer tanpa menunggu berkas rekam medis datang.

“Menjawab keluhan masyarakat yang masih sering masuk tentang pelayanan dan antrian lama di rumah sakit, selaras arahan Bapak Bupati Pacitan perlahan tapi pasti permasalahan tersebut akan kita perbaiki, seperti sekarang ini kita sedang berupaya mengerjakan E-Resep dan E-RM untuk mempercepat layanan obat dan rekam medis pasien,” terang dr. Iman.

Sementara dari pihak IT RS terus mengupayakan sistem layanan elektronik ini dapat selesai dua sampai 3 bulan mendatang. “Butuh waktu dan kecermatan tinggi untuk menghasilkan suatu sistem layanan yang nantinya benar-benar bisa diaplikasikan petugas untuk melayani masyarakat dengan lebih cepat, Tim IT RS akan mengusahakan sebaik-baiknya,” jelas Setyobudi, Koordinator IT RSUD dr. Darsono.

Turut hadir dalam acara ini Kabid. Pelayanan Penunjang, Kabid. Pelayanan Medis dan Keperawatan, Kasi. Akuntansi dan Verifikasi, Bagian Program, Evaluasi, dan Pelaporan, Tim IT RS, dan Kepala Instalasi Rekam Medis RSUD dr. Darsono. (RSUD dr. Darsono/PemkabPacitan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here