Bayi 5,1 Kilogram Lahir Sehat di RSUD dr. Darsono

0
106

Telah lahir bayi berbobot 5,1 kilogram dengan panjang 56 sentimeter di RSUD dr. Darsono Pacitan, Selasa (10/5). Bayi berjenis kelamin laki-laki dari Ny. E dilahirkan dengan cara operasi cesar sekitar pukul 23.30 oleh dr. Indrahany Alwiandono, Sp.OG, dokter spesialis kandungan dan tim kamar operasi RSUD dr. Darsono.

 

Umumnya bayi lahir normal dengan berat 2,6–3,8 kilogram. Menurut dunia medis, bayi yang lahir dengan berat melebihi bayi normal disebut dengan makrosomia. Ada beberapa penyebab kelahiran makrosomia seperti faktor keturunan, masalah kesehatan pada ibu selama masa kehamilan, dan gangguan pertumbuhan janin.

Meski lahir dengan berat badan melebihi batas normal, bayi dari Ny. E ini lahir dalam kondisi sehat dan hanya dilakukan perawatan sebelum dibawa pulang orang tuanya. “Bayi aterm, memang sudah waktunya lahir (41 minggu), selama perawatan 3 hari di Ruang Dahlia kondisinya stabil dan boleh pulang,” terang dr. Septa Mariana, Sp.A., M.Biomed, dokter spesialis anak penanggungjawab perawatan bayi Ny. E, Jumat (13/5).

Terimakasih diucapkan oleh Ny. E kepada seluruh petugas RS yang menangani proses persalinan dan perawatan bayinya. Tidak lupa sebelum pasien pulang, dokter dan perawat memberikan asuhan keperawatan untuk ibu dan bayi dalam rangka menjaga kondisi dan kesehatannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here