VISITASI UNIT HEMODIALISIS RSUD dr. DARSONO KABUPATEN PACITAN

Rabu tanggal 26 April 2017 sesuai jadwal yang ditetapkan, telah dilakukan Visitasi Unit Hemodialisis Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono Kabupaten Pacitan, oleh Tim Visitasi Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur, Pernepri Jawa Timur dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan. Visitasi diawali dengan pertemuan antara Tim Visitasi dengan pihak manajemen RSUD dr. Darsono bertempat di Ruang Direktur,

Dalam sambutannya Direktur RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan dr. Iman Darmawan, M.Kes menyampaikan bahwa persiapan untuk pelayanan Unit Hemodialis sudah cukup lama kurang lebih dua tahun, yang meliputi penyiapan sumber daya manusia, penyiapan gedung dan peralatan, serta dokumentasi administrasi perijinannya,

Berdasarkan hasil temu pelanggan dan hasil kunjungan ke rumah sakit tujuan hemodialisis di luar Pacitan yang telah dilaksanakan, diperoleh data sekitar 100 orang yang rutin melakukan hemodialisis, sehingga keberadaan unit hemodialisis ini sangat ditunggu oleh masyarakat,  dalam kesempatan tersebut  dr. Iman  mengharapkan untuk dilakukan visitasi dengan sebaik – baiknya dan apabila sudah memenuhi persyaratan segera diterbitkan rekomendasi ijin operasionalnya agar unit hemodialisis segera dapat difungsikan.

Sedangkan Drs, Cristian Y, Apt dari tim Visitasi Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa ada 4 (empat) aspek yang akan dilakukan penilaian dalam visitasi pelayanan Unit Hemodialisis yaitu aspek Sumber Daya Manusia, Peralatan, Sarana Prasarana dan aspek Administrasi Manejemen yang harus dipenuhi baik secara kualitas maupun kuantitasnya berdasarkan Permenkes Nomor 812 Tahun 2010 tentang Pelayanan Dialisis Pada Fasilitas Kesehatan dan peraturan perundangan lainnya.

Dari hasil kunjungan lapangan Tim Visitasi yang telah dilakukan mulai dari Ruang Pelayanan Hemodilis, ruang reuse, ruang tindakan, tempat pendaftaran, gudang, instalasi air RO, instalasi pembuangan air limbah dan TPS bahan berbaya dan beracun secara umum sudah bagus menurut Drs. Cristian Y, Apt tetapi ada beberap aspek yang harus segera dilengkapi dari aspek Administarsi Manajemen meliputi, kebijakan dan prosedur pelayanan, SIKP tenaga perawat,  hasil uji outlet limbah terakhir, kepastian MOU pengelolaan limbah B3, sedang aspek sarana prasarana perlu ditambahkan antara lain almari penyimpan rekam medik, safety box yang aman, rak siku di gudang cairan, gudang alat dan di TPS B3, sedang dari dari aspek SDM perlu disiapkan sedini mungkin ketersedian perawat yang terlatih dan bersertifikat hemodialisis dalam jumlah yang cukup memadai untuk mengantisipasi adanya penambahan alat dan pasien hemodialisis.

Pihak RSUD dr. Darsono menyatakan siap untuk melengkapi kekurangan sesuai hasil rekomendasi dari Tim Visitasi tersebut, ditargetkan selama 2 minggu kekurangan dari beberapa aspek tersebut sudah bisa dipenuhi sehingga ijin operasional pelayanan unit hemodailisis segera diterbitkan. (msr)

Leave a Reply

Name *
Email *
Website