Memasuki bulan Agustus, kasus Covid-19 yang ditangani di RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan belum juga usai. Seiring dengan peningkatan pasien kasus Covid-19 yang masuk, agar dapat melayani kebutuhan pasien dengan prima harus ditunjang dengan sumber daya manusia yang adekuat. Petugas dan tenaga kesehatan sebagai pelayan kesehatan harus memiliki daya tahan tubuh yang bagus dan sehat.

Dalam upaya tersebut pemerintah melalui Kemenkes telah menerbitkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: HK.02.01/1/1919/2021 tentang Vaksinasi Dosis Ketiga bagi Seluruh Tenaga Kesehatan, Asisten Tenaga Kesehatan dan Tenaga Penunjang yang Bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, setelah sebelumnya nakes telah mendapatkan vaksinasi tahap satu dan dua.

Vaksin Moderna merupakan vaksin yang telah disiapkan pemerintah Indonesia diperuntukkan tenaga kesehatan sebagai vaksin dosis ke-3 (Booster). Ini juga sesuai dengan Surat Edaran Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan Nomor 440/1390/408.36/2021, vaksin dosis ke-3 diberikan kepada tenaga kesehatan minimal 3 bulan setelah dosis ke-2. Mekanisme skrining, alur pelayanan, dan observasi dalam pelaksanaan vaksinasi dosis ke-3 dilaksanakan sesuai dengan petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi yang menggunakan vaksin sinovac/ astra zeneca.

Seiring dengan peringatan 76 tahun Indonesia Merdeka, RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan telah memulai pelaksanaan vaksin dosis ke-3 pada tanggal 17 Agustus 2021, menjadikan momentum kemerdekaan menguatkan semangat untuk merdeka dari Pandemi Covid-19.

Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan secara bergilir dengan sasaran seluruh nakes dan petugas di rumah sakit sesuai jadwal yang telah ditentukan. Semoga dengan dilakukan Vaksin ke-3 (Vaksin Booster Moderna) kepada tenaga kesehatan dapat menambah ketahanan, daya tahan tubuh bagi nakes sebagai garda terdepan yang sangat rentan untuk terpapar Covid-19.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here