Salah satu program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono adalah  melakukan edukasi pada kelompok kesehatan tertentu, salah satunya dengan melakukan edukasi pada Kelompok Lansia dimana RSUD dr. Darsono telah menjalin kerja sama dengan Kelompok Lansia Desa Sukoharjo Kecamatan Pacitan.

Pada acara edukasi kali ini Tim Psikolog RSUD dr. Darsono melakukan kegiatan Trauma Healing yang mana di Desa Sukoharjo pada akhir tahun 2017 termasuk wilayah yang terdampak banjir. Trauma healing adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk membantu orang lain untuk mengurangi bahkan menghilangkan gangguan psikologis yang sedang dialami yang diakibatkan syok atau trauma.

Terapi bermain dipilih pada kegiatan kali ini yang merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, dan  dengan siapa saja, karena dari anak kecil sampai dewasa suka dengan yang namanya bermain. Permainan yang dapat dilakukan dalam terapi ini tergantung situasi dan kondisi yang ada.

Kegiatan trauma healing mempunyai banyak manfaat bagi masyarat yang menjalani trauma healing ini. Berikut ini merupakan manfaat dari trauma healing :

  1. Menghilangkan beban di pikiran
  2. Membuat bahagia
  3. Menjadi pribadi yang lebih ikhlas
  4. Menjadi semangat kembali
  5. Membuat hati tenang dan tentram
  6. Lebih peka untuk menyikapi keadaan yang ada

Acara ini dilaksanakan tanggal 31 Januari 2018 bertempat di Balai Pertemuan Desa Sukoharjo Pacitan. Dihadiri sekitar 60 orang bapak ibu lansia acara dibuka langsung oleh Ibu Camat Pacitan, dilanjutkan sambutan dari Kabid Pelayanan RSUD dr. Darsono Ibu Dra. Asih Sitaresmi, Apt.  Hadir pula dari pihak RS Tim Psikolog sebagai narasumber yaitu Ni Made Diyah Rinawardani, S.Psi.Psi; Herlina Banowati, S.Psi. Psi; dan Leon Pernando Putra, S.Psi. Psi.

Acara trauma healing berlangsung meriah dengan permainan membawa balon secara berkelompok dibagi menjadi beberapa kelompok lansia. Setelah itu peserta Lansia juga diajak melakukan saling memijit temannya saling bergantian. Di akhir acara permainan peserta juga diberi hadiah sebagai kenang-kenangan dari RS oleh Kabid Pelayanan.

Selain acara permainan, di akhir acara dilaksanakan juga acara tausiyah dari pihak RSUD dr. Darsono oleh Bapak Erwin Hadi Kusuma, SKM. Diharapkan kegiatan ini dapat mengobati rasa takut dan trauma para lansia pasca bencana banjir yang menimpa Desa Sukoharjo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here