RSUD dr. Darsono sangat menyadari bahwa selama ini masih banyak kekurangan dan permasalahan dalam pelayanan terutama di bagian pendaftaran pasien. Antrian panjang yang mengakibatkan pasien menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan, serta tempat penunggu pasien sempit menjadi keluhan utama yang menyebabkan ketidaknyamanan pengunjung. Belum lagi komputer yang sering error dan keterlambatan distribusi berkas pasien ke poliklinik yang menjadi sumber kegelisahan pasien dan dan keluarga pasien menjadi tantangan besar rumah sakit untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan.

Loket pendaftaran lama
Ruang tunggu sempit dan kurang nyaman
Banyak pengunjung menunggu panggilan antrian pendaftaran di luar

Pendaftaran atau Registrasi pasien merupakan bagian terdepan dari pelayanan Rumah Sakit, di sini pasien didata identitas dan keperluan kunjungannya ke Rumah Sakit. Bagian pendaftaran ini sangat penting karena menjadi acuan data pasien untuk proses-proses berikutnya, apabila proses di bagian pendaftaran salah, maka proses data pasien di bagian lain juga otomatis akan salah. Bagian pendaftaran atau registrasi juga mencatat informasi tentang data pribadi pasien dan data lain yang diperlukan seperti penanggung pasien, asuransi, pekerjaan, alamat darurat dan lain sebagainya, di samping itu juga mencatat data kunjungan pasien atau pasien hendak berkunjung kemana, poliklinik spesialis, laboratorium, UGD, dan lain sebagainya. Dalam proses pelayanan pendaftaran, input data pasien dilaksanakan secara elektronik  oleh petugas pendaftaran  melalui aplikasi billing system.

Menjawab keluhan masyarakat terkait proses pendaftaran pasien yang lama, RSUD dr. Darsono Pacitan berusaha berbenah dengan peningkatan pelayanan dan sarana prasarana di tempat pendaftaran pasien / admisi. Untuk meningkatkan pelayanan pendaftaran pasien,  mulai tanggal 30 Juli 2018  telah tersedia 4 loket untuk pendaftaran rawat jalan, 1 loket untuk pendaftaran pasien rawat inap, serta 1 loket khusus pasien IGD. Kami juga menyediakan ruang tunggu pendaftaran yang luas dengan ruang ber AC.

Selain itu untuk memecah jumlah antrian langsung, rumah sakit juga membuka layanan pendaftaran online via What’s App (WA) untuk pengguna android. Antrian via WA ini bisa dimanfaatkan untuk pasien-pasien lama yaitu pasien yang sudah pernah berkunjung / berobat ke rumah sakit / sudah memiliki nomor rekam medis (RM) dan pendaftaran hanya bisa digunakan untuk pemesanan pelayanan poli satu hari sebelum tanggal pelayanan. Sedangkan untuk pasien baru / belum pernah berobat ke rumah sakit, tetap harus melalui alur pendaftaran secara langsung.

Kami menyadari bahwa untuk mencapai proses pelayanan yang baik, diperlukan suatu prosedur lengkap yang harus dilakukan dan dipatuhi oleh seluruh petugas di rumah sakit,  baik petugas medis maupun non medis termasuk pengguna layanan rumah sakit untuk tertib dan saling kooperatif. Semoga dengan upaya perbaikan ini mampu mendukung peningkatan pelayanan serta kenyamanan pasien dan pengunjung rumah sakit.

2 COMMENTS

  1. Absolutely NEW update of captcha recognition software “XRumer 16.0 + XEvil 4.0”:
    captchas recognition of Google (ReCaptcha-2 and ReCaptcha-3), Facebook, BitFinex, Bing, Hotmail, SolveMedia, Yandex,
    and more than 8400 another subtypes of captcha,
    with highest precision (80..100%) and highest speed (100 img per second).
    You can use XEvil 4.0 with any most popular SEO/SMM programms: iMacros, XRumer, GSA SER, ZennoPoster, Srapebox, Senuke, and more than 100 of other programms.

    Interested? You can find a lot of introducing videos about XEvil in YouTube.

    FREE DEMO AVAILABLE!

    See you later!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

WordPress spam blocked by CleanTalk.