PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

Tujuan pembangunan kesehatan adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan salah satu tugas pemerintah adalah menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar pelayanan.

 Peningkatan mutu merupakan prioritas utama di semua rumah sakit. Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan sangat dipengaruhi oleh kualitas sarana fisik, jenis dan jumlah tenaga yang tersedia, obat, alat-alat kesehatan, dan sarana penunjang lainnya. Berbagai upaya telah dilakukan di RSUD dr. Darsono  Kabupaten Pacitan untuk meningkatkan mutu dan kinerja pelayanan agar pelayanan kesehatan di RSUD dr. Darsono  Kabupaten Pacitan memberi jaminan keamanan atau keselamatan, serta profesionalisme yang menjadi fokus perhatian bagi penyelenggara pelayanan kesehatan baik pada pelayanan dasar maupun pelayanan rujukan. Oleh sebab itu, pelayanan kesehatan di RSUD dr. Darsono  Kabupaten Pacitan dituntut untuk lebih memfokuskan pada kebutuhan pelanggan, sejalan dengan meningkatnya tuntutan pelanggan akan pelayanan yang lebih baik.

Rumah Sakit Umum dr. Darsono telah menetapakan indikator pelayanan yang akan dinilai serta dianalisis dan divalidasi setiap 3 bulan. Capaian hasil indikator ini dilakukan evaluasi dan tindak lanjut perbaikannya untuk meningkatkan mutu pelayanan dengan tetap mengedepankan keselamatan pasien.

Indikator indikator mutu pelayanan yang telah ditetapkan di RSUD dr. Darsono  Kabupaten Pacitan terdiri dari 3 area yaitu :

  1. Area Klinis, yang meliputi:
  2. Asesmen Pasien
  3. Pelayanan Laboratorium
  4. Pelayanan Radiologi dan Diagnostic Imaging
  5. Prosedur Bedah
  6. Penggunaan Antibiotik dan Obat lainnya
  7. Kesalahan Medikasi dan Kejadian Nyaris Cidera
  8. Penggunaan Anasthesi dan Sedasi
  9. Penggunaan Darah dan Produk Darah
  10. Ketersediaan, Isi dan Penggunaan Rekam Medis Pasien
  11. Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Surveilans dan Pelaporan
  12. Area Manajemen, yang meliputi :
  13. Pengadaan rutin peralatan kesehatan dan obat penting untuk memenuhi kebutuhan pasien
  14. Pelaporan aktivitas yang diwajibkan oleh peraturan perundang – undangan
  15. Manajemen risiko
  16. Manajemen penggunaan sumber daya
  17. Utilitas alat
  18. Harapan dan kepuasan pasien dan keluarga
  19. Harapan dan kepuasan staf
  20. Demografi pasien dan diagnosis klinis
  21. Manajemen keuangan
  22. Area Keselamatan Pasien, yang meliputi:
  23. Ketepatan identifikasi pasien
  24. Peningkatan komunikasi yang efektif
  25. Peningkatan keamanan obat yang perlu diwaspadai
  26. Kepastian tepat – lokasi, tepat – prosedur, tepat – pasien operasi
  27. Pengurangan resiko infeksi terkait pelayanan kesehatan
  28. Pengurangan resiko pasien jatuh

Dari masing – masing area tersebut mempunyai beberapa indikator mutu yang akan selalu dimonitor dan dievaluasi untuk meningkatkan mutu pelayanan di rumah sakit sehingga tuntutan masyarakat akan pelayanan yang lebih baik, aman dan nyaman akan bisa terpenuhi.

RSUD dr. Darsono  Kabupaten Pacitan adalah rumah sakit yang mengutamakan kualitas pelayanan berbasis AKREDITASI KARS versi 2012 sehingga upaya untuk meningkatkan mutu serta keselamatan pasien akan selalu menjadi prioritas.

DOWNLOAD LAMPIRAN LAPORAN DATA INDIKATOR MUTU

One thought on “PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN

  1. sewa kantor jakarta 28 July 2016 at 10:50 am

    terima kasih telah berbagi Mas, senang sekali rasanya membaca tulisan2 di blog ini, jadi tambah wawasan.. semoga selalu di beri kesehatan dan sukses selalu..

Leave a Reply

Name *
Email *
Website