KUNJUNGAN RUMAH (HOME VISITE) RUMAH SAKIT UMUM DAERAH dr. DARSONO KABUPATEN PACITAN

Saat ini tuntutan masyarakat terhadapat pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau semakin meningkat,  untuk itu maka setiap fasilitas kesehatan baik dasar maupun lanjutan harus mau melihat dan mendengar langsung terhadap keluhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan, sehingga dapat dilakukan perbaikan pelayanan kesehatan yang berorientasi kepada kepuasan pasien.

Salah satu program kegiatan yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah dr. Darsono Kabupaten Pacitan untuk mendengar langsung keluhan dan harapan masyarakat terhadapat pelayanan serta untuk mempromosikan pelayanan kesehatan yang ada yaitu melalui kegitan kunjungan rumah atau home visite kepada masyarakat yang pernah memanfaatkan jasa pelayanan kesehatan rumah sakit baik yang menggunakan kartu BPJS maupun yang umum.

Program kegiatan home visite atau kunjungan rumah ini pertama kali digagas oleh dr. Iman Darmawan, M.Kes, selaku Direktur RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan, kegiatan ini diawali dengan kunjungan rumah oleh beliau bersama dengan staf manajemen yaitu Kepala Bidang Pengembangan dan Kepala Seksi Informasi dan Pengaduan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 19 Pebruari 2017 ke rumah pasien pasca rawat inap atas nama ibu Warsinah dengan kasus penyakit thipoid yang beralamat di  RW I RT II Kelurahan Pucangsewu.

Tanggapan pasien dan keluarga pasien terhadap program kegiatan home visite atau kunjungan rumah yang dilakukan oleh RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan ini sangat  positif, karena pasien dan keluarga pasien dapat secara langsung menyampaikan pengalamannya mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit baik pelayanan rawat jalan maupun pelayanan rawat inap dan keluhan – keluhan yang dirasakan serta harapan – harapan terhadap pelayanan kesehatan yang ada di RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan.

Menurut dr. Iman Darmawan, M.Kes selaku Direktur RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan kegiatan home visite atau kunjungan rumah ini akan dilaksanakan secara berkesinambungan dan konsisten karena dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri antara rumah sakit dan masyarakat. (msr)

Leave a Reply

Name *
Email *
Website