Komitmen Pelayanan Terbaik : RSUD dr. Darsono Tambah Satu Ambulan Emergency

0
422

Komitmen untuk memberi pelayanan terbaik bagi pasien, mendorong Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Darsono Pacitan menambah satu unit ambulan berstandar emergency. Ambulan baru jenis Suzuki APV bernopol AE 1201 YZ nampak sudah parkir di garasi ambulan RSUD dr. Darsono dan siap beroperasi.

Ambulan Emergency merupakan layanan transportasi pasien dengan kondisi tertentu. Yaitu sebagai kendaraan transportasi rujukan antar fasilitas pelayanan kesehatan yang disertai dengan upaya untuk menjaga kestabilan kondisi dan keselamatan pasien.

“Saat ini RSUD dr. Darsono memiliki sembilan unit ambulan, namun tiga diantaranya dalam kondisi kurang baik. Sementara untuk keperluan rujukan ke luar kota hanya mengandalkan dua atau tiga armada saja,” terang Marhaeni Setyono, Koordinator Ambulan RSUD dr. Darsono, Jumat (17/12).

Tidak bisa dipungkiri permasalahan trouble mesin karena faktor usia dan faktor geografis Kabupaten Pacitan juga sangat berpengaruh pada kinerja mesin ambulan, yang seharusnya bisa beroperasional baik selama sepuluh tahun nampaknya hanya mampu bertahan lima tahun saja.

“Selain itu padatnya aktifitas rujuk pasien ke luar kota terutama saat weekend lebih banyak dari hari biasa dan yang paling hebat ketika penanganan Covid-19 bulan-bulan lalu sangat memforsir kinerja ambulan, hampir tidak ada jeda istirahatnya,” lanjutnya.

Pengadaan ambulan jenis APV ini difungsikan untuk memfasilitasi rujukan pasien serta melengkapi pelayanan operasional yang sudah ada saat ini. Ambulan Emergency ini dilengkapi fasilitas yang sudah terstandar untuk keperluan emergency seperti peralatan gawat darurat medis, long spine board, tabung oksigen, obat emergensi, dan siaga 24 Jam.
“Melayani dengan Sabar, Sopan, dan Senyum, ambulan RSUD dr. Darsono siaga membantu kebutuhan transportasi pasien sebagai sarana mewujudkan masyarakat Pacitan sehat dan selamat,” pungkas Marhaeni. (RSUD dr. Darsono/Diskominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here