Pemeriksan Diagnostik Radiologi memiliki peranan penting dalam menentukan diagnosa dan perawatan medis dalam pelayanan kesehatan. Diagnosis yang akurat merupakan kunci keberhasilan dalam pengobatan.

RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan dengan dukungan Dokter Spesialis Radiologi dan Radiografer yang terampil dan berpengalaman serta ditunjang peralatan yang canggih sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih informatif dalam membantu menegakkan diagnosa.

Dokter Penanggung jawab :
         1.  dr. Kurnia Ekawati, Sp. Rad.
         2.  dr. Ana Basirotul Alawiyah, Sp.Rad.
Petugas Radiologi : 6 orang

JADWAL PELAYANAN RADIOLOGI

24 Jam Untuk pasien IGD dan kasus darurat pasien rawat inap
Senin s/d Jumat pukul 07.00 s/d 14.00 Untuk pasien poliklinik dan pasien rujukan

Pelayanan Pemeriksaan Instalasi Radiologi:

1. Konvensional Foto Polos
Pemeriksaan radiologi konvensional tanpa kontras yaitu pemeriksaan sederhana menggunakan sinar rontgen (sinar X) dengan berbagai posisi pemeriksaan. Pemeriksaan ini dilakukan pada berbagai organ tubuh, antara lain organ-organ dalam rongga dada, rongga perut, serta tulang-tulang pada seluruh bagian tubuh
2.  Konvensional Foto Kontras
Pemeriksaan radiologi konvensional dengan kontras yaitu pemeriksaan sederhana menggunakan sinar rontgen (sinar X) disertai dengan penggunaan obat kontras yang dapat membantu memperlihatkan kelainan yang ada sehingga mempertajam diagnosis. Misalnya: pemeriksaan saluran perkencingan (intravenous pyelogram/IVP dan uretrografi), pemeriksaan saluran pencernaan (colon in loop), pemeriksaan usus buntu (appendicogram), dll.
3. Pemeriksaan Periapical Foto Dental
Merupakan foto rontgen intra oral yang digunakan untuk mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan gigi geligi
4. Panoramic
Merupakan foto rontgen extra oral yang digunakan untuk mengevaluasi pertumbuhan dan perkembangan gigi geligi, pemeriksaan mandibula, temporal mandibular joint, mendeteksi penyakit dan mengevaluasi trauma di selitar mulut.
5. Mobile X-Ray
Merupakan pelayanan plus radiologi yang memberikan pelayanan foto rontgen di IGD atau ruang perawatan untuk pasien yang secara medis tidak memungkinkan untuk dimobilisasi ke Instalasi Radiologi.
6. USG (Ultrasonografi)
Pemeriksaan dengan menggunakan gelombang suara dan tidak mengandung resiko dari paparan sinar X. Pemeriksaan ini terutama dipergunakan untuk memperlihatkan kelainan-kelainan dalam rongga dada/thorax, testis, payudara, kepala, leher, dan berbagai organ gerak.
7. CT Scan 16 Slice
CT Scan adalah salah satu jenis pemeriksaan penunjang medis dengan menggunakan sinar X dengan bantuan operator yang dapat memeriksa jaringan tubuh sesuai dengan kebutuhan pasien misalnya: kondisi pembuluh darah, menilai tumor atau kanker, kasus trauma/cidera, menilai organ dalam, membantu proses biopsi jaringan atau proses drainase/pengeluaran cairan yang menumpuk di tubuh, dan sebagai alat bantu pemeriksaan bila hasil yang dicapai dengan pemeriksaan radiologi lainnya kurang memuaskan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here