Baksos KB MOW; Operasi Nyaman di RSUD dr. Darsono Pacitan

0
157

Dalam rangka TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun 2022, Sabtu (05/11), RSUD dr. Darsono mendapat kepercayaan menjadi tempat pelayanan Bakti Sosial (Baksos) KB Metode Operasi Wanita (MOW). Kegiatan ini bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dinas PPKB dan PPPA, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan.

“Mendukung kegiatan baksos MOW ini, tentunya RSUD dr. Darsono sudah mempersiapkan, menyediakan fasilitas, dan memastikan semua akseptor MOW terlayani dengan baik,” terang Suyatmi, Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD dr. Darsono.

Saat ini RS memiliki gedung Instalasi Bedah Sentral (IBS) baru dengan kamar operasi yang didukung fasilitas dan tenaga medis yang memadai dan kompeten. “Tersedia ruang operasi, ruang persiapan, dan ruang pemulihan pasien yang luas dan sesuai standar pelayanan, harapannya pasien merasa aman dan nyaman selama menjalani proses operasi,” imbuhnya.

Dimulai pukul 07.00, ruang tunggu IBS sudah dipenuhi antrian ibu-ibu peserta KB MOW yang berasal dari berbagai wilayah kecamatan Kabupaten Pacitan. Tercatat 77 orang dapat mengikuti tahap operasi dari total 79 orang yang datang dan terdaftar, sedangkan 2 orang tidak lolos skrining awal.

Banyaknya peserta yg datang membuktikan kegiatan ini terbilang mampu menarik minat dan kesadaran masyarakat untuk mengikuti program KB.

“Saya merasa 2 anak sudah cukup, Alhamdulillah difasilitasi ikut KB MOW gratis oleh petugas kesehatan desa, saya langsung daftar,” ujar Wulaningsih (42) warga Desa Nglaran Kecamatan Tulakan.

Demikian halnya dengan Sri Wahyuni (35) warga Tulakan, yang mengaku ingin membatasi karena sudah punya 3 anak.

Acara ini mendapat kunjungan langsung dari Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan, Efi Suraningsih didampingi Dandim beserta istri, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas PPKB dan PPPA, Dinas Kesehatan, dan Direktur RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here