Melayani Dengan Sepenuh Hati Sidebar Button
Jl. Jend. A. Yani No.51, Krajan, Pacitan, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63511
rsud@pacitankab.go.id
(0357) 881410

Blog Details

Blog Details Image
November 24, 2021

Pelayanan Pasien BPJS Kian Maksimal

Tak terasa waktu sudah di penghujung tahun, artinya alarm kontrak kerjasama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Darsono dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan segera berakhir.

Pada proses perpanjangan kerjasama tahun 2022, selain akan dilakukan kegiatan rekredensialing fasilitas kesehatan (Faskes), perlu dilakukan Evaluasi Utilization Review (UR) dan Pemeriksaan Kepatuhan Kepesertaan JKN-KIS oleh BPJS.

Rekredensialing (pengulangan uji kelayakan) merupakan peninjauan ulang dari BPJS Kesehatan terhadap faskes primer maupun lanjutan yang mempertimbangkan kecukupan jumlah faskes dengan jumlah peserta yang harus dilayani serta memperhatikan persyaratan yang harus dipenuhi.

BPJS Kesehatan menggunakan kriteria teknis yang meliputi sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan, dan komitmen dari faskes. Tujuannya untuk memastikan pelayanan yang diberikan kepada peserta JKN-KIS sudah sesuai standar pelayanan.

Hari ini (24/11), rekredensialing BPJS Kesehatan di RSUD dr. Darsono dimulai pukul 09.00 di ruang pertemuan RSUD dr. Darsono. “Terimakasih atas kerjasama baik yang terjalin selama ini. Komitmen dari RSUD dr. Darsono selalu yang terdepan,” ungkap Lusie Wardhani Kepala Cabang BPJS Kesehatan.

Dia berharap, RSUD tetap mempertahankan dan meningkatkan beberapa hal yang telah menjadi unggulan seperti antrian online, dashboard ketersediaan tempat tidur, dan antrian operasi dalam kerjasama dengan BPJS Kesehatan tahun depan, sehingga menjadi percontohan untuk RS lain di Pacitan. Selain itu mutu layanan kepada peserta tetap terjaga dan senantiasa menjadi hal utama untuk diprioritaskan.

Dalam rangka pemenuhan persyaratan perpanjangan kontrak, BPJS juga melakukan evaluasi kelengkapan berkas administrasi RS yang kemudian dilanjutkan dengan Hospital Tour. Beberapa lokasi pelayanan ditinjau langsung untuk memastikan fasilitas pelayanan RS yang sudah memenuhi standar.

Pada kesempatan yang sama, dr. Daru Mustikoaji Kabid Pelayanan menuturkan bahwa komitmen ini sesuai misi Bupati Pacitan dalam mewujudkan pelayanan RS menjadi rujukan masyarakat yang nyaman dan terpercaya, RSUD dr. Darsono siap meningkatkan kualitas layanan. Salah satunya berkomitmen untuk menjamin peserta BPJS terlayani dengan baik. Ini menjadi prioritas karena 71,63% dari total kunjungan pasien RSUD menggunakan BPJS Kesehatan. (RSUDPacitan/DiskominfoPacitan)

Tag Here

Leave a comment