Pelatihan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI)

PPI (Small)Pada tanggal 30 April 2016 sampai dengan 1 Mei 2016 Pelatihan (Inhouse training) tentang Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) bagi petugas Rumah sakit  di Ruang Pertemuan RSUD dr. Darsono Kabupaten Pacitan.

Pelatihan bertujuan agar peserta mampu meningkatkan dan mengembangkan sikap, kemampuan dan keterampilan dalam Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di rumah sakit secara efisien dan efektif.

Pengendalian infeksi merupakan suatu upaya penting dalam meningkatkan mutu pelayanan medis di rumah sakit. Hal ini hanya dapat dicapai dengan keterlibatan secara aktif semua personil rumah sakit, mulai dari petugas kebersihan sampai dengan dokter dan mulai dari pekarya sampai dengan jajaran direksi. Kegiatannya dilakukan secara baik dan benar di semua prosedur, sarana rumah sakit, peralatan medis dan non medis, ruang perawatan serta seluruh lingkungan

Pelatihan diikuti oleh sebanyak 45 karyawan RSUD Pacitan, yang teridiri dar unsur dokter, perawat / bidan, petugas dari bagian binatu, sterilisasi, sanitasi, gizi, farmasi, rumah tangga, kamar jenazah.

Materi yang dipelajari diantaranya :

  1. Kebijakan, pedoman, organisasi dan tatalaksana PPI terkait evaluasi dalam akreditasi Rumah Sakit ;
  2. Prinsip kewaspadaan standar dan isolasi ;
  3. Pemrosesan alat, linen dan pengendalian lingkungan ;
  4. Surveilans dan pelaporan angka infeksi ;
  5. Perlindungan petugas dan penatalaksanaan pasca pajanan ;
  6. Audit implementasi PPI

Nara sumber kegiatan PPI :

  1. dr. Rizka Humardewayanti Asdie Sp.PD. KPTI
  2. Tri Hartati APP, SPd, M.Kes.
  3. Sri Purwaningsih, S.Kep. Ns

Evaluasi pelaksanaan pelatihan melaui hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa pelaksanaan Pelatihan Pengendalian dan Pencegahan Infekasi yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada hari Sabtu tanggal 31 April sampai hari Minggu berhasil dengan baik hal ini ditunjukkan dari rata – rata nilai pre test sebesar 6,08 dan post test sebesar 8,21 nilai pre post test sebesar 2,13, kenaikan ini menunjukkan adanya peningkatan yang bermakna peserta dalam pengetahuan pengendalian dan pencegahan infeksi di rumah sakit. (mamik)

 

Leave a Reply

Name *
Email *
Website