Bakti Sosial Bibir Sumbing tahun 2015 Dalam Rangka HKN ke-51 di RSUD dr. Darsono Pacitan

Dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-51 Tahun 2015 Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur melaksanakan beberapa kegiatan bakti sosial kesehatan yang dipusatkan di Kabupaten Pacitan. Dari berbagai rangkaian kegiatan bakti sosial yang dilakukan, salah satunya adalah kegiatan Bakti Sosial Bibir Sumbing. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pacitan pada tanggal 19-20 November 2015. Tujuan operasi adalah untuk membuat bibir sumbing jadi nearly normal looking (berusaha mendekati bentuk normal) dan mengembalikan fungsi, selain sisi estetik dan kosmetik. Adapun tim pelaksana bakti sosial ini adalah dari Centra Sumbing Bibir dan Langit-langit CLP Center Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang.
Kegiatan Bakti Sosial Bibir Sumbing ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu Tahap Screening dan Tahap Pelaksanaan Operasi. Screening dilaksanakan pada tanggal 19 November 2015 di Ruang Pertemuan RSUD Kabupaten Pacitan diikuti oleh 8 peserta dari beberapa kecamatan. Dari hasil screening ditetapkan 7 pasien lulus screening dan satu pasien tidak lulus screening dikarenakan umur pasien belum memenuhi. Pasien lulus screening kemudian masuk ruang rawat inap (Ruang Soka) untuk mendapatkan perawatan persiapan operasi keesokan harinya.
Pada kegiatan screening ini, RSUD Pacitan mendapat kunjungan dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan, Ibu Bupati Pacitan beserta rombongan. Mereka ikut memberikan support kepada pasien dan keluarga dan memantau jalannya acara bakti sosial bibir sumbing secara langsung.
Operasi bibir sumbing dilaksanakan tanggal 20 November 2015 di Ruang Operasi RSUD Pacitan, diikuti oleh yang semula 7 pasien menjadi 6 pasien. Hal ini dikarenakan 1 pasien tidak bisa melanjutkan penanganan operasi karena Hb pasien hanya 7,5 g% sehingga harus ditunda. Pelaksanaan operasi berlangsung lancar dimulai sekitar pukul 08.30 WIB dan selesai kurang lebih pukul 15.00 WIB.

One thought on “Bakti Sosial Bibir Sumbing tahun 2015 Dalam Rangka HKN ke-51 di RSUD dr. Darsono Pacitan

  1. agen ace maxs semarang 19 January 2016 at 10:22 am

    luar biasa sekali infonya , maju terus pacitan

Leave a Reply

Name *
Email *
Website